Selasa, 14 April 2020

TRIK MENULIS DALAM SEMINGGU

TRIK MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU

 

Pertemuan 1    : Senin , 13 April 2020

Waktu             : Pukul 19.00-21.00

Pemateri          :  Prof. Rechadus Eko Indrajit

TEMA            : Trik menulis Buku dalam seminggu

Peresume         :  Nurul Hikmah, S.Pd  ( http://www.umm1syafnan.blogspot.com )

                        Guru SD Negeri Nitikan Semanu Gunungkidul


Belajar Mengetik Di Komputer Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini kita akan dipandu oleh salah seorang narasumber yang bikin takjup dengan kemampuan beliau yang bisa menulis buku dalam waktu satu minggu, kok bisa???. Bisalaaah...nyatanya bisa Penasaran dengan orangnya??. Beliau adalah Prof. Rechadus Eko Indrajit, sosok pengajar yang sudah mempunyai hobby mengajar dari kecil mulai dari ,emgajar pramuka, sulap sampai memuat perangkat elektronik.  Karena hobby mengajarnya inilah beliau mendadak jadi youtuber. Disaat kondisi ditengah pandemi Virus Corona dan aksi lockdown diambil oleh dunia pendidikan, beliau tidak bisa menahan jiwa mengajarnya. Sehingga maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, Beliau memutuskan untuk mengajar via streaming YouTube. tidak perduli ada atau tidak ada yang nonton, yang penting mengajar agar semangat. maka terciptalah EKOJI CHANNEL di YouTube.

Semuanya dimulai pada tanggal 20 Maret 2020, beliau mengadakan seminar virtual gratis, bagi yang menghendaki e-sertifikat, dikenakan biaya tambahan 10,000 rupiah - untuk membayar teman-teman yang membantu administrasi. Ternyata  ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang - dan hingga saat ini yang menonton youtube  sudah mencapai 6.000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. Dan yang lebih terkejut lagi, untuk satu seminar tersebut, yang pesan sertifikat 1.116 orang. Akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi beliau melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik.

Idenya  membuat e-sertifikat ini bermula dari adanya kewajiban  setiap dosen yang harus membuat laporan kum untuk kenaikan jabatan akademik.  Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat.  Dengan adanya pandemi ini, semua seminar  dibatalkan.

Artinya ada dua,  mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik), dan beliau sendiri kehilangan pemasukan. karena pemasukan beliau 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb.

Ide menulis buku dimulai pada tahun 1998. Awalnya beliau menulis buku karena disuruh mahasiswa, karena ada krisis ekonomi 1998, sehingga mahasiswa S2 tidakk sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. Akhirnya terbitlah buku pertama beliau yaitu RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang di pinjam di perpustakaan yang bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa yang beliau ajar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Yang kemudian buku tersebut mejadi buku Best Seller. Dan akhirnya yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis. Belia dulu spesialis menulis bunga rampai, setiap ada satu diagram yang menarik perhatian beliau, beliau jelaskan dalam satu halaman secara ringkas.  Sebelum tidur menulis satu halaman artinya dalam tiga bulan ada sekitar 100 halaman. sehingga buku Prof. Indra dapat diterbitkan. Sekarang beliau sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. Di era milenium, kebanaykan buku dan tulisan beliau bagikan secara gratis silahkan anda download free di mana-mana, seperti di situs academia, di situs eko.id, dan lain-lain.

Untuk dapat menulis dalams atu minggu, Prof Indra membagikan tipsnya, yaitu caranya mudah, kita harus mendisrupsi diri sendiri langsung saja pada pokok permasalahannya.

Dalam EKOJI CHANNEL kita akan melihat beberapa presentasi beliau semenjak tanggal 20 Maret 2020 yang lalu, kemudian pilihlah yang menarik perhatian kita (sesuai yang relatif anda SUKA dan KUASAI). Kemudian beliau memberi waktu satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET,  maka kita menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebagai berikut. .

1.    APA yang dimaksud dengan digital mindset.

2.    MENGAPA digital mindset dibutuhkan

3.    SIAPA yang harus berubah mindsetnya

4.    DIMANA digital mindset harus diterapkan

5.    KAPAN digital mindset diterapkan

6.    BAGAIMANA cara menerapkannya.

Nah, satu hari tulis satu, berarti hari keenam sudah jadi, hari ketujuh kasih ke Prof. Indra. Anda tidak perlu banyak berfikir, karena semua sudah Beliau paparkan dalam presentasi. Tinggal anda bahasakan saja sesuai dengan yang anda tangkap. Di hari ketujuh, tulisan akan beliau tambah-tambahkan sana sini. Kemudian beliau akan LANGSUNG terbitkan dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasi beliau yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Anda adalah penulis pertamanya, beliau penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya laku (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang beli).

agar menarik, semua royalti jadi milik anda. kalau ternyata banyak yang laku, kita terbitkan versi kedua dalam bentuk fisik sehingga anda dapat ISBN. tertarikkkkk??? beliau mau lelang judulnya malam ini.

Dulu beliau jadi penulis karena masih banyak waktu luang dan waktu itu n belum ada internet,  karena sekarang karena waktu beliau terbatas, maka beliau lakukan kombinasi. kalau Sabtu Minggu menulis, kalau hari biasa sjadi Youtuber, bagi beliau buku dan youtube adalah MARKETING BROCHURE atau MARKETING TOOLS. karena orang mengenal kita, baru mereka mengundang kita untuk bicara di acara mereka. dari situlah beliau menghidupi keluarga hingga saat ini.

                  menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan., jadi bagi beliau semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. kita pasti punya banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain. tulis saja apa yang ada di kepala kita. tidak usah takut. kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. dan pembaca itu macem-macem. kalau beliau menulis untuk kakek beliau, akan beda bahasanya dengan kalau menulis untuk generasi anak2 beliau. kualitas menulis adalah masalah jam terbang. lama-lama jadi bagus sendiri.... jaman sekarang, tulisan tidak perlu terkoordinir. masukin aja ke internet, maka nanti akan terkoordinir sendiri. karena dalam dunia maya, berlaku data yang unstructured dibandingkan dengan structured. menulis blog seperti yang disampaikan Oom Jay adalah sangat baik. beliau selain menulis, senang juga bikin puisi dan lagu kok.... apapun yang ingin beliau sharing, beliau tulis. satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah (menurut beliau), buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek, menulis hal-hal yang buruk kalau bagi beliau mendatangkan energi negatif, malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang. Untuk membangkitkan semangat menulis bagi pemula, tulislah bersama orang yang berani menulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar