Senin, 13 April 2020

Luruskan Niat (Resume pertemuan ke 2)

Belajar menulis Gelombang 9

Pertemuan 1    : Sabtu , 11 April 2020

Waktu             : Pukul 19.00-21.00

Pemateri          : Om Jay ( Wijaya Kusumah)

Topik              :  Meluruskan iat Menerbitkan Buku dan Terkenal di Medsos Menjadi Blogger dan Youtuber

Peresume         :  Nurul Hikmah, S.Pd  ( http://www.umm1syafnan.blogspot.com )

(Guru SD Negeri Nitikan, Semanu, Gunungkidul, DIY). 

                          Pelatihan menulis secara online  malam ini diawali dengan penayangan slide tentang biodata dan pengalaman-pengalaman narasumber (Om Jay) dari media cetak maupunTelevisi, serta peranan Om Jay pada beberapa kegiatan mulai dari pengurus PGRI, pendiri sekolah, sampai Tim penilai karya Guru.  Kemudian peserta diminta untuk melihat tayangan pada youtube  melalui link link http://www.youtube.com/watch?v=mgLPKka9tE dimana pada tayangan terssebut, Om Jay mengajak kita untuk meluruskan niat dalam menerbitkan buku bukanlah semata-mata untuk mendapatkan sertifikat melainkan untuk mengapai Ridho Allah.

            Kemudian peserta diminta untuk memberikan komentar pada blog https://rianiastt.blogspot.com/ yang berisi resume materi dan beberapa artikel tentang makanan dan ada juga cerita. 

Berhubung tayangan pada youtube Om Jay terkendala audionya maka, om Jay memberikan klarifikasi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dimana pada sesi tanya jawab tersebut banyak sekali ilmu-ilmu dan motivasi yang diberikan Om Jay dalam menulis, sehingga menambah semangat saya untuk lebih rajin menulis. Dan tak lupa Om Jay mengingatkan target pelatihan yaitu membuat dua buah buku yang berisi ressume pelatihan dan materi bebas.

            Dalam pelatihan maupun membuat tulisan dibutuhkan kolaborasi. Dengan berkolaborasi, kita tidak hanya mementingkan diri sendiri  tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk terbantu untuk menerbitkan bukunya. Manfaat yang lain kita akan lebih banyak membuat tulisan yang berkualitas. Nara sumber yang baik hati telah memnerikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat dalam menerbitkan buku.

Setelah mengikuti pelatihan online peserta diwajibkan menuliskan resume materi. Hal ini bertujuan untuk mengikat ilmu yang kita peroleh dan kemudian diposting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita. Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI.  Kita biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Dengan begitu secara tidak langsung kita dapat berbagi ilmu, motivasi dan juga trikkepada pembaca yang tidak mengikuti pelatihan ini.  Karena “ Sebaik-baik manusia adalah yang belajar dan mengajarkannya”. Dan disini aya menemukan mantra ajaib yaitu “ Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”.

             Untuk memulai menulis ingatlah kata Orag bijak bilang “pengalaman adalah guru yg terbaik”. Cobalah meramu semua bahan bacaan menjadi tulisan yg lebih bermutu dan mencerahkan pembaca. Saat kita menulis, usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. sehingga kita dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi.

            Semua peserta wajib punya blog agar semua tulisannya terdokumentasikan dengan baik dan banyak dibaca orang lain, sehingga bisa dijadikan daftar pustaka. Berkunjung dan berkomentar ke blog peserta lainnya atau Blog walking itu penting agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang punya gaya menulis yang berbeda beda.  Ada saat tukisan kita diambil org lain tanpa mencantumkan nama kita. Negara kita adalah negara kepulauan. Menulis di blog adalah cara saya berbagi ilmu dan pengalaman. Saran saya menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu blog yg anda kelola.

.

 


2 komentar: