Kamis, 16 April 2020

Dari pelosok Negeri Meraih INOBEL

"Karya Inovasi & Kualitas Diri"

 

Pertemuan        : Rabu , 16 April 2020

Waktu             : Pukul 19.00-21.00

Pemateri          :  Tri Agus Cahyono , M.Pd

TEMA            : Karya Inovasi dan Kualitas diri

Peresume         :  Nurul Hikmah, S.Pd  ( http://www.umm1syafnan.blogspot.com )

                        Guru SD Negeri Nitikan Semanu Gunungkidul

 


Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang.Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool. Ada 6 tahapan berfikir kognitif

1.    Mengingat (C1)

2.    Memahami (C2)

3.    Menerapkan (C3)

4.    Menganalis (C4)

5.    Mengevaluasi (C5)

6.    Menciptakan (C6)

Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir. Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut jangan sampai kita berinovasi tapi:

1.    Tidak tahu ilmunya

2.    Tidak paham maksudnya

3.    Tidak pernah menggunakan

4.    Tidak bisa menganalisis bagian2nya

5.    Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya

Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut. Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab. Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.Belajar kita lakukan pada saat mengajar Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan. Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan) Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)

1.      Asli (jangan menjiplak)

2.      Perlu (benar2 dibutuhkan)

3.      Inovativ

4.       Konsisten

Ok, sekarang saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016

Namanya media "Planetarium Bekam". Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskan

Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak), Zona motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan, jadi jika materi terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi. Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak

Fungsi media ini adalah mempermudah observasi, Ketika anak memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit. Disinilah ketidakpuasan terhadap globe muncul

Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan materi tersebut Kelebihan:

1.    Model yg paling sesuai

2.    Ada di sekolah

3.    Mudah digunakan

4.    dll

Kekurangan:

1.    Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.

Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas

Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut, semisal Gerak semu harian matahari. Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yg bergerak adalah bumi. Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari. Sehingga menjadi sulit bagi anak , Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar Itu kendala yg harus diselesaikan, maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar. Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya, kita menggunakannya dalam kondisi bergerak sedangkan obyek yang kita shot tidak bergerak maka ketika kita memutar videonya hasilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita. Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan . Perhatikan teko dalam video tersebut , teko kondisi sebenarnya tidak bergerak, tetapi dalam video bergerak, keren banget  pasti siswanya  seneng dan motivasi akan timbul, Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu, teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yg ada di bumi,  Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit

 

Karya Inobel tidak selalu ada unsur TIK nya, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK. Yang manakah  media / alat peraga yang lebih pertimbangkan  oleh dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa. Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang

Kunci Inovasi

1.    Menemukan baru

2.     Menyempurnakan yang lama

3.    Silahkan terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri

Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine. Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design), kalau tidak bisa lebih baik bestpractise. Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah

 

 Untuk menjadi guru berdedikasi pada tahun 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusus) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi

Kalau 2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora propinsi

 

Kesimpulan

Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.

 

 

 


1 komentar: