Sabtu, 11 April 2020

Resume Belajar Menulis gelombang 9


Belajar menulis Gelombang 9
Pertemuan 1      : JumaT , 10 April 2020
Waktu                   : Pukul 19.00-21.00
Pemateri             : Agus Sampurno
Topik                    : Bagaimana mencari ide dalam menulis dan bagaimana melipatgandakan pembaca
Peresume           :  Nurul Hikmah, S.Pd (nurul.hikmah8339@gmail.com

Untuk menciptakan sebuah tulisan dibutuhkan sebuah ide yang bisa diuraikan menjadi kalimat-kalimat yang berarti.  Ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan, yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Dalam menulis banyak hal yang menarik dan bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yg bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan. kita bisa memulai dari hal yg biasa dilakukan oleh seorang yg baru belajar menulis dan bisa berujung pada kebosanan. Bagi penulis pemula karena belajar menulis ide berdasar diri sendiri. Dimulai dari yg mudah, yang bisa, yang dialami.
beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh seseorang yang belajar menulis adalah
Ia menulis dengan menjadikan dirinya sebagai peran utama, ia sibuk menceritakan dirinya sendiri. tulisannya bukan fokus pada bagaimana menuntaskan pertanyaan atau sebuah solusi permasalahan. Ketika kita menulis tentang diri sendiri, harapan kita pasti ada yg membaca dan berikan tanggapan. Sayang nya jika tdk ada yg menanggapi pasti si penulis jadi malas menulis lagi.
Padahal sebagai orang dewasa kita tdk terlalu suka membaca (semata mata) kisah orang lain.Orang lebih senang mencari sesuatu yg ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya.
1.    Tulisannya tidak dibaca ulang sebelum diposting. Tidak ada yang namanya self checking
2.    Tulisannya terlalu panjang dan mengandung banyak ide besar di dalamnya

 Tiga hal diatas adalah hal yang mesti dihindari dalam konteks blog di internet yang punya banyak keterbatasan. keterbatasan yang dimaksud adalah saat di internet anda ada di lautan informasi yang benar benar tanpa positioning yang pas, tulisan anda tidak akan dibaca orang. Maka gunakan katerbatasan tersebut untuk menemukan ide tulisan kita.
Ide menulis bisa didapat dari masalah / hal yang sedang menjadi trending topic dimana mana yaitu
Menyikapi situasi Pembelajaran Jarak Jauh ini ada beberapa hal yang bisa seorang bisa menulis dari beberapa perspektif
1.    Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses; ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik diluar sana yang masih berjuang mengatasi kendala.
2.    Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh
3.    Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. Ia berperan memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru

Untuk mencari ide bia juga dengan mencari tranding topik yang dicari orang melalui google. Kira-kira dalam dunia informasi yang deras saat ini mana yang kemudian dicari orang google setelah diketik kata kunci 'cara mengajar online' maka langsung timbul beberapa prediksi dari google
ini berarti memang ada kebutuhan dari pengekses google mengenai topik diatas
Apabila kita sudah mempunyai ide kita bisa mengeksekusinya dengan menyusun dalam sebuah pokok pikiran untuk kemudian dikembangkan menjadi tulisan. Apabila ide kita ternyata udah ditulis oleh orang lain, kita tidak usah putus asa. Langkah yang kita ambil yaitu dengan mencermati tulisan orang lain lalu lakukan ATM ( Amati, Tiru  dan Modifikasi)
Tulisan yang baik harus mempunyai ruh/jiwa agar dapat mengena bagi para pembacnya. Cara terbaik memberikan ruh adalah, sebagai penulis anda sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebal nya berlembar lembar pun pada akhirya punya satu tema besar yang ingin disampaikan.
Dan untuk melipatgandakan pembaca di Facebook dimulai dengan cara menulis judul, kita bisa menggunakan beberapa kata misalnya dengan menggunakan  Persuasive Words That Controls Minds yaitu  :
1. You
2. Free
3. New
4. Now
5. Secret
Berikut contoh penggunaan persuasive Words per point yaitu
a.       Point nomor 1:Tips menjadikan ANDA sebagai guru yang disegani oleh siswa
b.      Point nomor 2.; Cara BEBAS dari masalah saat mengajar kelas yang ribut
c.       Point nomor 3 :Aplikasi BARU yang bisa anda gunakan saat mengajar online
d.      Point nomor 4 : Bagaimana membuat kelas online anda efektif mulai dari SEKARANG
e.      Point nomor 5 :  Lima RAHASIA menghindari kesalahan dalam menyelenggarakan kelas jarak jauh
Usahakan judul yang kita buat  sudah membuat orang tertarik dan saat kita memposting tulisan kita pada laman facebook, kit aletakan link blog kita . dengan demikian blog kita semakin dikenal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar