Rabu, 15 April 2020

MENULIS ARTIKEL DI MAJALAH PGRI

AYO MENUILIS ARTIKEL DI MAJALAH PGRI

Pemateri          :  Dr. Jejen Musfah. M.A

TEMA            : Ayo menulis artikel di majalah PGRI

Peresume         :  Nurul Hikmah, S.Pd  ( http://www.umm1syafnan.blogspot.com )

 

 

 

Salam teman-teman guru se indonesia.  Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi.  Artinya opini tidak akan kehilangan topik, kebijakan dan fakta pendidikn selalu hadir, tapi tdk semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi. Guru adalah praktisi, majalah yang setua PGRI sendiri sudah puluhan tahun. Tulisan bisa dimuat di online dan offline cetak 5000 eksmplar dibagikan ke hampir 34 provinsir rubriknya beragam opini, resensi,  sastra, destinasi dll

     Bagi para guru yang akan mengirim tulisan/ artikel ke majalah guru, syaratnya mudah, hanya menyebutkan status dan sertakan foto diri, tulisan bisa disesuaikan dengan rubrik yang dipilih yang terdapat pada majalah Guru. Kalau masalah honor, tidak ada dulu sempat sempat ada honor, akan tetapi jika keuangan memadai ke depan akan dibayar.

Untuk pengiriman artikel, atu orang boleh mengirim lebih dari satu dan jenis artikel tentang pendidikan mutakhir. Semua bentuk karya sastra juga bisa tero dari karya sastraakan  diterima asal tidak mengadung SARA.

Tulisan-tulisan yang terkirim akan dimuat beberapa jam setelah pengiriman jika melalui media online, tetapi membutuhkan waktu 2 bulan untuk diterbitkan di media cetak. Untuk mengetahui sudah terbit atau belumya sebuah naskah bia meliah web atau bisa juga akan dikirimi link nya oleh tim. Dan jika penulis menginginkan sertikat bisa dibuatkan oleh tim. Naskan yang telah dimuat pada majalah Guru baik Online maupun cetak tidak boleh dikirim ke media yang lainnya. Untuk mengirim naskah, bisa lewat email : majalah.suaraguru@gmail.com

 

Memang dengan terbitnya majalah PGRI tidak semua suara guru di seluruh Indonesia terwakili, karena memang terlalu luas, tapi kebijakan nasional dapar tercover, maka penting bapak ibu untuk mengirin informasi kegiatan sekolah agar dapat diketahui oleh sekolah-sekolah yang lain.

Untuk dapat menulis artikel yang bagus, seringlah membaca opini – opini di surat kabar nasional dan jangan takut buruk,  agar dapat diteriam gagasan harus orisinil tidak plagiat.

Demikian informasi tentang penulisan artikel di majalah Guru, ayo silahkan asah potensi dengan mulaii menulis dari sekarang.


6 komentar: